Pesisir Laut di Wilayah Banten Selatan Kawasan Rawan Bencana


Pesisir laut di selatan Banten ini, secara morfologi, merupakan dataran pantai berundak dengan luas daerah mencapai 5000 ha dan terbentang dari barat ke timur. Dataran tersebut tersusun dari gamping koral yang berusia Kuarter, tertutup oleh lapisan tipis sedimen pasir lepas. Pada lapisan gamping ini terletak muka air tanah dengan variasi kedalaman mencapai 4 m. (M. Salam Tarigan, 2007)

Pesisir laut ini termasuk dalam kawasan rawan gempa. Hal ini disebabkan terdapat zona subduksi aktif dimana pertemuan dua lempeng tektonik Indo-Australia dan Eurasia. Akibatnya gelombang air laut dikawasan tersebut dapat mencapai 1,5-2,5 meter. Kerawanan gempa di pesisir Banten selatan dapat mengakibatkan kerusakan bangunan rumah atau gedung yang termasuk dalam kategori V-VI MMI (Modified Mercally Intensity). Gempa yang pernah terjadi dapat mencapai 7,3 skala richter dengan kedalaman 30 km dari permukaan laut, seperti gempa di Tasikmalaya tahun 2009.

Karakteristik pesisir Banten selatan menimbulkan kecemasan pada nelayan kecil. Potensi gempa, dan gelombang tinggi dapat saja menghambat para nelayan untuk mencari ikan bahkan dapat mengancam nyawa mereka. Pemerintah setempat harus memberikan sosialisasi kepada masyarakat pesisir untuk mengantisipasi becana yg terjadi.

Referensi:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s