Lapres Realease part1


Alhamdulillah..dengan segala upaya untuk dapat menyelesaikan semua amanah yang ada di semester ini, aku disempatkan menilai semua laporan praktikum kimia lingkungan dari adik-adik 2010.

Secara bertahap, semua nilai dari usaha adik-adik ku ini akan diposting. Beruntung pada edisi perdana ini terpilih Anindya Prawita Sari yang akan mengetahui nilai dari semua jerih payahnya.

Anin panggilan Anindya Prawita Sari merupakan mahasiswi Teknik Lingkungan 2010 asal Sidoarjo. Mahasiswi yang senang berponi ini memiliki jiwa tertantang cukup tinggi. Menyadari dirinya tidak mungkin menjadi sempurna, namun ia tetap ingin menggapai kesempurnaan itu. Hal itu sudah cukup terlihat dari usahanya dalam menjalani rangkaian praktikum kimia lingkungan 1. Keterpurukan yang dialaminya dengan nilai 61 dan 56 berturut-turut dalam praktikum pertama (pengenalan alat) dan praktikum kedua (Prediksi Kation-Anion dengan pengukuran DHL larutan) memacu dirinya untuk berbenah diri memperbaiki segala kekurangan yang ada.  Terlebih pada laporan praktikum keduanya ditandai dengan dua bintang yang berarti memiliki kesamaam laporan dengan teman lainnya. Usahanya pun berbuah manis, ia menutup laporan praktikumnya dengan predikat 91. Namun usahanya bukan berarti tanpa halangan, setelah mampu bangkit di praktikum ketiga dengan nilai 83 ia harus menerima penurunan sebelas poin di praktikum berikutnya walau pada akhirnya menjadi berselisih enam sebagai penghargaan atas kecepatannya dalam menyelesaikan laporan resmi. Naik turun nilai pun kembali dialaminya di praktikum kelima dan ketujuh (praktikum keenam tidak dilakukan) dengan predikat 82 dan 80.

Ketajaman analisa permasalahan pada praktikum menjadi PR utama yang perlu dibenahi untuk konsistensi laporannya. Semangat dan rasa ingin tahu dapat menjadi modal untuk meningkatkan kualitas tulisan baik dalam laporan atau bentuk artikel ilmiah lainnya. Semangat Anin! bila kesempurnaan itu bernilai 100 dan kita tahu manusia tidak ada yang sempurna, maka boleh dong 99 menjadi goal utama kita? toh 99 itu bukan nilai kesempurnaan…

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s