Kepergian 3 Sahabat


akhirnya disempatkan juga untuk mengisi kembali

Berbicara kematian maka berbicara tentang suatu misteri. Misteri disini berarti tidak ada yang tahu pasti akan kedatangan kematian tersebut. Atas dasar ini maka menjadi wajar apabila kematian menimpa siapapun dengan tidak terduga, apakah ia seorang pejabat, tukang sayur, orang tua, anak-anak, aktivis ataupun mahasiswa. Namun, perjalanan atau sebab akibat atau pun kronologi kematian yang membedakan satu kematian dengan kematian lainnya.

Hari ini tiga orang wafat dengan selisih waktu yang singkat. Tiga orang mahasiswa angkatan 2008 meninggal dalam melaksanakan amanahnya, insya Allah. Saya tidak dapat membayangkan bagaimana perasaan teman satu angkatannya, ditinggal tiga anggota keluarga dihari yang sama. Apalagi harus membayangkan perasaan orang tua dari yang ditinggalkan. Anak mereka meninggal dalam melaksanakan kegiatan jurusan. Entah perasaan apa yang bergejolak apabila saya berada sebagai ketua kegiatan itu. Semua perasaan bersatu tercampur baur seakan diri inilah yang bertanggungjawab atas semuanya. Ingin rasanya menuntaskan tanggungjawab tersenut, namun apa daya nyawa tidak dapat ditarik kembali.

Musibah. Itu menjadi kata yang sangat tepat untuk menjelaskan kejadian ini. Tidak ada yang patut dipersalahkan. Cukup diambil hikmah dari apa yang telah terjadi. Saya menangis ketika diri ini berada didepan jenazah dan
mendengarkan kata perpisahan dari ayahanda almarhum. Sangat terlihat raut wajah ketidak yakinan dari keluarga yang ditinggalkan. Runtuh ketabahan yang saya coba buat sesaat sebelum memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum.

Hanya mahasiswa luar biasa yang mampu menjalani musibah ini dengan baik. Dan itu saya lihat di seluruh rekan-rekan almarhum dijurusannya. Di setiap tahapan pengurusan jenazah, rekan-rekan sesama mahasiswa yang terdepan. Sungguh praktek ukhuwah yang luar biasa.

“Cobaan menjadikan manusia naik derajatnya.”

hari yang penuh duka,,selamat jalan kawan
Dalam pelaksanaan amanah, kalian dipanggil oleh Nya
Semoga syahid akhirat diridhoi Allah swt melekat pada jenazah kalian…
Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s