Generasi Baru Mentor yang Lebih Baik dan Berkomitmen


Ini sedikit uraian mimpi yang terbayang ketika berbicara mentor. Mentor menjadi poin penting dalam peleksanaan mentoring. Tanpa adanya mentor, mentoring tidak dapat berjalan. Namun, mentor-mentor yang ada saat ini sangatlah susah untuk dikontrol dan diajak kerjasama. Database mentor pun sulit dipenuhi secara 100%. Bahkan kepedulian mentor akan keberlanjutan mentoring pun masih kurang sehingga menyebabkan terjadinya kondisi krisis mentor.

Berawal dari OR

Open Recruitment menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Pelaksanaan OR harus dibuat seprofesional mungkin. Open recruitment tidak hanya  berlaku untuk mentor baru, melainkan berlaku pula untuk mentor lama. Dengan kata lain, masa berlakunya menjadi mentor adalah satu tahun. Setelah itu, secara otomatis legalitasnya sebagai mentor tercabut. Hal ini dilakukan untuk mempermudah update data mentor BPM, dan sangat memungkinkan kondisi seseorang berubah dalam kurun waktu satu tahun tersebut. Kita tidak ada yang tahu. Dengan ada OR ini diharapkan komitmen mentor dapat terjaga dan data mentor di BPM senantiasa terbarukan.

Untuk mensukseskan OR mentor, diperlukan sosialisasi yang optimal. Pencerdasan akan masa berlaku legalitas mentor harus bisa tersampaikan kepada seluruh mentor di ITS. Forum Rapim, bertemu dengan KJ, kunjungan ke LDJ menjadi momen-momen tersendiri untuk dapat menginternalisasikan informasi ini. Turun ke LDJ menjadi pilihan paling prioritas dikarenakan terlalu sulit menarik komitmen mentor untuk hadir k manarul untuk syuro KJ, disusul Rapim dan bertemu dengan KJ.

Update Database

Database mentor harus dapat masuk ke BPM dengan cara mudah dan efektif. Database via web dapat menjadi solusi untuk menyelesaikan ini. Terbayang dalam pikiran ini, ketika dalam suatu ruangan terdapat beberapa laptop untuk mengisi database yang kemudian apabila telah selesai dapat dilanjutkan dengan tes tulis. Yang akhirnya mentor yang diterima tercantum dalam web dan dikabarkan via sms pula. Semoga hal ini dapat dilakukan untuk memudahkan pendataan yang dilakukan oleh biro mentor.

Upgrading Mentor

Hal ini terkait dengan kegiatan-kegiatan untuk mentor yang sangat sering sepi didatangi mentor. Bagaimana cara menanggulanginya? Adanya FSLDJ dapat menjadi jembatan tersendiri dalam menjalin hubungan BPM dan mentor. Kegiatan-kegiatan peningkatan kemampuan mentor dapat diserahkan ke teman-teman wilayah di FSLDJ. Mind set bahwa mentoring sebagai solusi ampuh memberantas krisis kader harus terbentuk dalam diri setiap mentor. Pendampingan mentor dapat dilanjutkan untuk menjaga ruhiyah mentor itu sendiri. Semoga dengan formulasi yang ada ini dapat meningkatkan kualitas dan menjaga komitmen mentor.

To be continued…

4 thoughts on “Generasi Baru Mentor yang Lebih Baik dan Berkomitmen

  1. ini blog nya akh ihsan Robbiyanto. direktur BPM JMMI 1112.

    SEMANGAT Akhi….
    pemimpin yang baik adalah yang dapat menyampaikan gagasannya dengan baik sehingga orang2 pun paham dan bisa menjalankan gagasannya.

  2. mantep mang konsepnya….smoga bener2 bisa taraplikasi secara nyata….BPM yang profesional….dan mentor yang berkomitmen….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s