Kaleidoskop: Hobi Baru


Mengenang yang dilakukan selama tahun 2013, mengingatkan aktifitas baru ku yang cukup sering dilakukan. Mungkin bisa dibilang juga hobi baru yang pada dasarnya masih berhubungan dengan hobi ku selama ini: membaca.

Biasanya orang jika di toko buku akan mengitari rak demi rak untuk mencari buku yang bagus atau diinginkan. Ia menarik buku dari rak, mengamati sekilas fisik buku, jika terasa mantap di hati, ia meuju kasir untuk membelinya. Dulu saya pun melakukan hal serupa.

Atau ada lagi orang yang lebih senang mencari buku dengan berselancar di dunia maya. Setelah mendapatkan yang diinginkan, membelinya pun menggunakan jasa penjualan buku online. Lebih praktis, dan lebih murah pada umumnya (karena tidak terkena biaya etalase..hehe). Bagi saya, mencari buku di dunia maya itu cenderung lebih rumit, mungkin karena tidak biasa, alhasil saya hanya menggunakan jasa penjualan buku online jika telah menemukan dengan jelas buku apa yang ingin saya beli. Nah, bagaimana saya menemukan buku yang ingin dibeli, inilah hobi barunya.

Mendatangi toko buku untuk mencari kemudian membaca atau membeli buku itu kebiasan saya dahulu. Kini saya hanya memodifikasinya saja. Mencari buku di toko buku, bila ingin memilikinya maka membelinya di jasa penjualan buku online. Karena sering keinginan tidak sesuai dengan keadaan (kondisi keuangan maksudnya..hehe) maka agar tidak lupa buku-buku apa saja yang menarik hati, diabadikanlah dalam bentuk foto.

Foto BukuMaka, hampir setiap kali ke toko buku, yang saya lakukan hanya berkeliling dari rak ke rak lalu memfoto buku-buku yang menurut saya menarik. Intinya foto dulu beli belakangan..hehe. Cukup hati-hati juga dalam mefoto buku ini. Takut dicurigai yang aneh-aneh, modus membaca SMS menjadi cara jitu untuk dapat menjepret buku-buku itu.

Jika situasi dan kondisi membaik (tentang duit nih..hehe) maka baru membeli di jasa penjualan buku online. Untuk meningkatkan penghematan, buku yang dibeli dikirim ke kantor (karena Jakarta bebas ongkir..hehe) dan untuk menghindari di PHP, digunakan sistem COD. Sehingga bila tidak dikirim tidak mengapa, bila dikirim baru dibayar..hehe

So, let’s capture first, buy its later…

Tinggalkan Balasan

